Tips Menjadi Mahasiswa Baru dan Berinteraksi dengan dunia kampus.

15:46:00 , 0 Comments

Assalamu'alakum Wr.Wb


           Selamat malam sobat blogger semua, yang  belum tidur and asyik browsing and kebetulan juga nyasar ke blog ini, kebetulan nie saya mau share sedikit ilmu bagi para pelajar SMA/SMK sederajat yang sebentar lagi akan menghadapi ujian akhir nasional atau UN, dan semoga sukses dalam ujian nanti, oke, pada Artikel kali ini yaitu berhubungan dengan mahasiswa yatu  Tips Menjadi Mahasiswa Baru dan berinteraksi dengan dunia kampus. 
          
          Setelah UN selesai pasti yang sobat pikirkan adalah mau lanjut kuliah kemana ya ? kuliah itu kek mana sih ? enak ga ya ? dan masih banyak lagi, Bagi sobat yang ingin melanjutkan kuliah lagi sesudah tamat SMA/SMK sederajat tidak usah pusing tujuh keliling ya, Karena disini kita akan membahas sedikit ulasan mengenai dunia perkuliahan, dan seperti apa itu dunia perkuliahan,Terkadang sobat memikirkan kuliah itu enak karena kita merasa bebas dari pengawasan guru sewaktu di sekolah dulu, Tapi jangan salah mengartikan ya, justru disaat kuliah lah kita harus menyiapkan  tenaga extra untuk bisa menjadi seorang mahasiswa yang berkualitas, Mahasiswa memang sedikit berbeda jika di bandingkan dengan keadaan saat masih di bangku SMA/SMK sederajat. Lingkungan baru, teman-teman baru, sistem pembelajaran yang baru mungkin saja dapat membuat sobat kesulitan dalam menjalani kuliah perdana sobat belum lagi ditambah dengan tugas - tugas dari dosen yang setiap minggu harus disiapkan.

       Mengkin cukup sekian dulu mukaddimahnya dibawah ini ada beberapa Tips Menjadi Mahasiswa Baru dan berinteraksi dengan dunia kampus silahkan dibaca and dipahami isi artikelnya, and jangan lupa diamalkan dalam kehidupan sehari - hari. 
1. Rumuskan Cita cita Kamu
Tujuan kamu kulliah apa? mengejar cita cita mungkin merupakan salah satu tujuan kuliah kita. awal masa perkuliahan merupakan titik awal yang sangat menentukan masa depan kuliah kamu. merumuskan kembali cita cita kamu adalah hal yang sangat penting sebagai awal kesuksesan kamu di universitas. jika mungkin awalnya kamu kesulitan menentukan pilihan program studi kamu, maka cita cita akan sangat membantu kamu dalam memilih program studi yang tepat. jika sudah dapat program studi yang cocok, sekarang kembali berpikir, jika kuliah sudah selesai, saya akan menjadi apa? agar tidak salah, rumuskanlah kembali cita cita kamu sejak awal.
2. Targetkan IP Kamu Sejak Awal
Sebagai mahasiswa baru, mungkin kamu belum mengenal yang namanya IP. IP adalah singkatan dari indeks prestasi, hasil akademik kamu selama satu semester. ada juga dikenal istilah IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang merupakan gabungan IP IP setiap semester. sebagai mahasiswa baru, menargetkan IP sejak awal akan sangat membantu kamu menjadi mahasiswa yang hebat. sesuaikanlah dengan cita cita yang sudah kamu rumuskan, jika kamu ingin lanjut di program S2 yang berkualitas, maka IP tinggi adalah harga mati. tapi jika kamu hanya ingin menjadi seorang politikus, yang lebih suka berorganisasi, IP Yang secukupnya saja, asalkan lulus tentunya.
3. Ikutilah Banyak Seminar di Kampus
Di kampus, tidaklah seperti di sekolah. jika di sekolah hanya ada beberapa organisasi saja, maka di kampus kamu dapat menemukan sangat banyak organisasi. misalnya kalau di kampus penulis, ada yang namanya Lingkar studi ilmiah dan penalaran (LSIP), Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), Himpunan Mahasiswa Prodi Tertentu, Organisasi organisasi islam, dan lain lain. biasanya, organisasi organisasi seperti itu sering mengadakan seminar seminar. jika ada, ikutilah banyak seminar seminar. di sana kamu akan banyak menemukan ide ide untuk bisa kamu kembangkan di kampus.
4. Pandai Memilih Teman Baru
Memilih teman juga merupakan kunci keberhasilan kamu dikampus. memilih teman, berarti kamu memilih masa depan kamu. yakin saja, kamu akan kesulitan menjadi mahasiswa hebat jika kamu tidak berteman dengan orang orang yang hebat. begitu pula sebaliknya, kamu akan kecipratn ilmu jika kamu berteman deengan orang orang yang rajin belajar. ya, pilihlah teman baru yang baik, berkualitas, karena itu sedikit banyak akan sangat mempengaruhi pribadi kamu. sekali lagi, memilih teman, berarti memilih masa depan.
5. Kurangi Kebiasaan Begadang
Nah, ini yang biasanya sangat sulit di hindari mahasiswa baru. begadang memang tidak dapat dihindari. apalagi jika kamu masuk di jurusan ilmu pengetahuan alam, menurut pengalaman, mahasiswa MIPA di semetser awal akan di serang oleh tugas tugas praktikum yang sangat padat. ini biasanya banyak mahasiswa terpaksa untuk begadang. padahal begadang sangatlah buruk untuk kondisi tubuh saat perkuliahan.sebaiknya minimalkan waktu begadang kamu, caranya mudah saja, kamu dapat mengerjakan semuanya di saat waktu luang di siang hari. percepatlah makan, mandi, kurangi waktu main game, main facebook, dan jalan jalan. pergunakan waktu kamu sebaik baiknya.
6. Temukan Cara Belajar Yang Paling Ideal
Ini juga merupakan kunci kesuksesan buat kamu di dunia kampus. setiap orang memang memiliki banyak cara belajar efektif yang berbeda beda. ada yang suka belajar di malam hari, ada juga yang suka belajar di malam hari bahkan di saat subuh subuh sebelum pagi. eksplorasilah terus cara belajar kamu, coba semua gaya belajar yang kamu tau, sampai kamu menemukan cara belajar yang paling baik buat kamu. jika sudah, gunakan terus gaya belajar itu, dan sukseslah menjadi mahasiswa.
7. Jangan Gegabah Mengikuti Organisasi
Organisasi memang penting buat kita. apalagi dikampus, begitu banyak organisasi bermacam jenis yang kamu dapat temukan. dalam mengikuti organisasi, sebaiknya kamu pertimbangkan dulu, jangan gegabah. kembali ke tujuan awal kamu, apakah kamu ingin mendapatkan IP tinggi? waktu belajar wajib ada buat kamu, oleh karenanya, pilihlah organisasi yang sekiranya tidak mengganggu waktu belajar kamu.
8. Bersenang senanglah Sesekali
Hmmm.. Sebagai mahasiswa baru, kamu mungkin sangat merasakan perbedaan antara cara belajar kamu waktu SMA dengan Cara belajar di dunia kampus. begitu banyak tekanan yang akan kamu hadapi dalam masa perkuliahan awal kamu, mulai dari tugas tugas yang menumpuk, jadwal ujian yang padat, aktivitas organisasi, dan lain lain. saat pressure begitu banyak, kamu tentu saja memerlukan kegiatan bersenang senang. tapi, cobalah kegiatan fun yang berbeda dari kebiasaan kamu waktu SMA. jika wakru SMA kamu suka bersenng senang di mall, maka sekarang cobalah melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat, misalkan olahraga, dan lain lain.
9. Jangan Cepat Down
Dalam dunia kampus, memang sering terjadi masalah masalah yang sangat tidak terduga sebelumnya. begitu banyak kesulitan kesulitan yang kamu akan hadapi. tapi sebaiknya kamu tetap tenang, anggap saja kesuitan kesulitan kamu itu sebagai pelatihan akan diri kamu yang terus berkembang. ingat, seseorang bisa menjadi hebat, karena banyak belajar dari masalah. oleh karenanya, jadikanlah masalah sulit kamu sebagai guru bagi kamu menuju arah perbaikan. jika kamu selalu mendapatkan yang ampang gampang saja, maka kamu tidak akan berkembang. kemampuan kamu akan segitu saja, jadi, tetaplah tenang dalam menghadapi dalam menghadapi masalah yang sulit sekalipun.
10. Rajin Berolahraga
Masalah yang paling sering di hadapi dalam perkuliahan adalah badan loyo dan mengantuk. mungkin tidak semua mengalami, tapi yakin saja, paling tidak satu kali kamu pasti pernah mengalaminya. penulis tulisan remaja juga sering mengalaminya. rajin berolahraga, tentu saja akan membantu kamu menghilangkan rasa ngantuk saat perkuliahan. biasakanlah berolahraga ringan, misalkan lari pagi, kamu akan merasakan kebugaran tubuh kamu. dengan demikian, perkuliahan kamu akan berjalan dengan menyenangkan.
Itulah beberapa Tips Menjadi Mahasiswa Baru, semoga bermanfaat bagi kamu yang baru menjadi mahasiswa, dan baru mengenal dunia kampus. Bila ada kekurangan atau laiinya silahkan berikan masukan anda di kolom komentar.

Anonymous

Terimakasih telah berkunjung ke web saya, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar atau kirim email ke saifulfuaadi@gmail.com

0 komentar: