CARA MENGATASI SPAM AUTO SHARE DI FACEBOOK

SJRSITE.com - Semakin canggihnya teknologi, maka perkembangan media online semakin berkembang pula, Namun perlu kita ketahui bahwasanya pemanfaatan teknologi tersebut terkadang banyak yang disalah gunakan oleh pihak - pihak atau oknum tertentu. Sangat banyak kasus - kasus penyalahgunaan berkembangnya teknologi yang saat ini banyak kita temui dimana saja dan tentunya dalam lingkup media online, Salah satunya adalah penggunaan Sosial Media, Contoh besarnya adalah penggunaan facebook. Sebenarnya facebook adalah salah satu media sosial yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang mungkin ingin mencari banyak teman, mencari pekerjaan, mencari info - info terbaru dan masih banayak lainnya. Namun terkadang ada juga oknum - oknum yang sengaja menngunakan media sosial ini untuk keperluan yang bersifat Negatif, dan salah satunya adalah seperti menyebarkan Link Spam, atau mengirim Spam ke orang lain dan penerima akan secara otomatis membagikan link spam tersebut ke orang lain, baik ke grup, halaman atau menandai/tag secara otomatis ke pengguna lainnya.  Dan salah satu kasus yang banyak saya temui adalah Spam yang membagikan secara otomatis, Seperti " Invite PIN Cewe Cantik ", dan lain sebagainya.





Banyak pengguna facebook yang mengeluh dan resah akibat ulah dari oknum - oknum yang tidak bertanggungjawab,  maka dari itu kita harus lebih pandai dalam menghadapi hal - hal yang semacam ini. Adapun postingan kali ini yaitu mengenai bagaimana cara mengatasi Spam yang ada di facebook yang share atau bagikan otomatis tanpa sepengetahuan admin dari akun facebook itu sendiri.

untuk langkah - langkah cara mengatasi Spammer silahkan ikuti beberapa tips dibawah ini.


1. Analisa Penyebab Spam Bisa Terserang Akun Facebook.

Pada langkah nomor satu ini hal yang harus kita lakukan jika akun facebook kita  terserang Spammer adalah menganalisa semua aktivitas yang kita lakukan selama online atau pada saat pertama log in masuk samapi keluar atau log out, Dari sini kita bisa melihat bahwa jika ada hal yang mencurigakan seperti mengklik link yang belum jelas arah Feed nya, atau terlalu banyak membagikan link - link yang sebelumnya tidak dicek arah link tersebut atau semacamnya. Jika setelah menganalisa akun facebook kita dan ternyata tidak ada aktivitas yang mencurigakan, namun tetap saja terserang spammer, silahkan baca langkah nomor 2.


2. Cari Tau  Teman - Teman  Facebook Anda.

Langkah kedua adalah mencari tau atau melihat kembali teman - teman yang sebelumnya sudah kita Add atau tambahkan sebagai teman di facebook, Lihat profil atau kronologinya satu persatu yang anda anggap mencurigakan, jika ada post atau status yang berhubungan dengan Spam langsung blokir pengguna tersebut, Karna bisa saja teman - teman yang ada di facebook yang tidak kita kenali menjadi media atau yang mengirimkan Spam tersebut ke akun facebook kita. Jika tidak ada teman - teman anda yang mencurigakan di facebook, maka silahkan lanjutkan ke tahab selanjutnya yaitu langkah 3.

3. Hapus Aplikasi Yang Mencurigakan

Jika sebelumnya kita pernah bergabung dengan aplikasi yang ada di facebook maka lihatlah kembali apakah ada aplikasi - aplikais yang mencurigakan, Jika ada apliaksi yang kira - kira mencurigakan langsung hapus aplikais tersebut, karna bisa saja aplikasi yang dibuat oleh pihak - pihak developers atau yang baru saja belajar membuat tools di facebook bisa berakibat fatal dan penyalah gunanaan. Untuk langkah - langkah penghapusan aplikasi di facebook silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini.

a.Buka Pengaturan Facebook

 b. pada bagian Aplikasi atau Apps, Bila ada aplikasi yang mencurigakan hapus aplikasi tersebut.

Bila tidak ada atau setelah menghapus aplikasi yang ada di facebook namun Spam nya masih ada, laka lakukan langkah terakhir ini.

4. Lihat Aktivitas Yang Ada Lakukan Di Facebook.

Berbeda dengan langkah pada nomor 1, Pada langkah ini yang perlu kita lakukan bila akun facebook kita terserang Spammer adalah melihat daftar aktivitas atau log activity facebook kita, Pada halaman log activity, semua aktivitas yang kita lakukan akan terekam baik itu Update Status, Add Teman, Share Info Ke Grup, Komentar dan lain-lain. Jadi, pada halaman log aktivitas ini akan terlihat aktifitas kita baru - baru saja, Apakah kita mengirimkan Spam atau tidak walaupun Spam tersebut terkirim secara otomatis tanpa sepengetahuan kita, Jika ada post atau kiriman yang mencurigakan klik pada bagian pensil kemudian pilih delete atau hapus, Berikut langkah - langkahnya.

a.Klik tanda panah yang ada di bagian tools facebook, kemudian pilih Activity Log atau Log Aktivitas.

b. Akan muncul seperti gambar dibawah ini, Cari satu persatu pot atau kiriman yang dianggap Spam, klik tanda pensil di bagian samping kanan  pilih delete atau hapus.

Itulah beberapa tips cara mengatasi Spam yang terserang akun facebook, Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga agar facebook kita tidak mudah terserang Spammer, yaitu :
1.Jaga privacy akun facebook dengan ketat.
2.Usahakan saat log in facebook selalu lihat atau cek Activity Log apakah ada kiriman yang berbau Spam atau tidak.
3.Jangan mengklik atau membagikan kiriman orang lain tanpa melihat detail kiriman tersebut.
4. jangan asal klik foto atau vidio yang berbau P*R*O...., karena biasanya, Spam itu sifatnya seperti link  P*R*O yang dibagikan oleh pengguna lain, Jika ada gambar - gambar semacam itu abaikan saja atau lapor ke facebook.
5.Gunakan facebook untuk hal-hal yang positif.

Itulah beberapa Tips Singkat dari saya, semoga bermanfaat bagi kawan-kawna semua. Jika ada masukan atau kritikan silahkan komentar artikel ini atau kirim masukannya email saya : saifulfuadi@hotmail.com.


Anonymous

Terimakasih telah berkunjung ke web saya, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar atau kirim email ke saifulfuaadi@gmail.com

0 komentar: