LAPORAN CARA MEMBUAT MIDLET SEDERHANA J2ME DENGAN NETBEANS IDE

03:41:00 , , 0 Comments

MEMBUAT APLIKASI SEDERHANA MIDLET
DENGN  MENGGUNAKAN APLIKASI J2ME



A.    TUJUAN
·         Dapat memahami dan menguasai penggunaan  J2ME pada Pemograman bahasa Java.
·         Memahami dasar – dasar MIDlet sederhana
·         Dapat membuat MIDlet sederhana dengan  J2ME

B.     DASAR TEORI
        Midlet adalah aplikasi yang dibuat menggunakan java 2 micro edition (J2ME) dengan profil mobile information device profile (MIDP). MIDP dikhusukan untuk digunakan pada handset dengan kemampuan CPU,memori,keyboard,dan layar terbatas, misalnya pada handphone,pager,dsb. arsitektur tingkat tinggi dari sebuah aplikasi MIDP ditunjukkan pada gambar dibawah ini. tetapi secara u7mum, terdapat beberapa hal penting dalam membuat sebuah aplikasi Midlet, yaitu menyangkut lifecycle,user interface,command handling,deployment dan application management.
        ketika Midlet pertama kali diciptakan dan diinisialisasi,Midlet akan berada dalam state " pause" apabila terjadi kesalahan selama konstruksi Milet, Midlet akan berpindah ke state " destroy", dan Midlet batal diciptakan dengan jalan memanggil fungsi standar dstroyApp(). selanjutnya, ketika Midlet dijalankan,Midlet akan berada pada state "active", dalam hal ini fungsi standar yang dipanggil adalah startApp(). akan tetapi, jika ditengah jalan Midlet dihentikan sementara,Midlet akan berada dalam state "pause" dengan jalan memanggil fungsi8 standar pauseApp(). pada state ini diperlukan proses cleanup terhadap garbage collector yang dihasilkan.
C. LANGKAH KERJA, PERCOBAAN dan HASIL
1.      Membuka NetBeans IDE.
2.    Pada bagian Depan NetBeans 8.0.2, Di bagian Menu Bar pilih > File > Pilih New Project. Atau tekan ( Ctrl+Shift+N ) pada  keyboard.
3.      Pada halaman New Project, Di bagian Categories dan Project pilih > Java ME > Mobile Application > Next
4.  Pada halaman New Mobile Application, Pada bagian Name and Location, Pada kolom Project Name mengisi nama project yang akan dikerjakan, Misal, MIDletSederhana, Kemudian pada kolom Project location pilih lokasi diamana project akan disimpan, Terakhir klik Next.
5.    Pada halaman New Mobile Application, pada pilihan Device Configuration pilih CLDC-1.0 untuk pilihan Device Profile  pilih MIDP-2.0 atau juga bisa memilih MIDP-2.1 kemudian klik Next atau Langsung Finish.
6.   Sampai ketahap ini, yaitu pada halaman Pembuatan Project NetBeans IDE, Pada kolom Project di sebelah kiri double klik pada bagian Nama Project dan akan muncul  Source Package > Klik kanan mouse > New > MIDlet.
7.    Pada halaman New MIDlet di bagian Name & Location, mengisi nama Class Project yang akan dibuat, Kemudian klik Finish.
8.      Sampai ke tahap ini Pembuatan MIDlet Sederhana sudah hampir selesai, hanya memasukkan sintax saja,
9.      Menghapus semua sintax pada bagian Source.
10.      Mengganti semua sintaxt yang terhapus pada bagian source tadi dengan sintax dibawah ini :
    import javax.microedition.midlet.*;
    import javax.microedition.lcdui.*;
    /**
     * @author Saiful Fuadi
     */
    public class MIDletSederhana extends MIDlet {
    private Display display;
    public MIDletSederhana(){
        display=Display.getDisplay(this);
    }

        public void startApp() {
    
     TextBox tb=
new TextBox ("Hello MIDlet","Hello j2ME    Berhasil.....!",256,0);
    display.setCurrent(tb);
    }
    public void pauseApp(){
    }
    public void destroyApp (boolean unconditional){
    }  
    }
 Sehingga menjadi seperti ini  gambar dibawha ini.
11.  Tahap selanjutnya adalah mengeklik RUN atau meneekan F6 di keyboard untuk RUN project MIDlet Sederhana, Tunggu beberapa menit hingga proses RUNNING selesai.
12.  Jika proses RUNNING selesai dan Tidak ada kesalahan atau sintax Error maka akan keluar hasil RUNNING project MIDlet sederhana berupa tampilan Ponsel bermerk ORACLE, Untuk melihat hasil yang diinputkan klik pada MIDlet Sederhana pada bagian Phone.
13. Jika ingin mengganti isi dari Project MIDlet Sederhana,, Kembali pada bagian Editor atau Source NetBeans, Pada bagian new TexBox (" Hello MIDlet","........ ")  mengganti ........ dengan kata-kata yang dinginkan, Misal, "Kunjungi Website Resmi Saya : www.sjrsite.blogspot.com", Jika ingin melihat hasilnya klik tombol RUN atau F6pada keyboard dan tunggu proses RUNNING selesai.
14.  Jika proses RUNNING selesai maka akan tampil layar Phone seperti gambar dibawah ini dan klik MIDlet sederhana untuk melihat hasil text yang kamu ganti tadi.
D.    ANALISA
      Dari hasil praktikum membuat MIDlet Sederhana diatas, ada beberapa hal yang harus di perhatikan, mulai dari membuat Class Name sampai pada saat memasukkan sintax, adapun hal-hal yang harus diperhatikan adalah pada langkah nomor 5, Pada saat memilih CLDC-1.1, MIDP-2.0 dan MIDP-2.1, Adapun spesifikasi MIDP 2.0 merupakan pengembangan dari MIDP 1.0. Secara singkat MIDP 2.0 adalah MIDP 1.0 + API untuk multimedia. Kebutuhan memori pun bertambah, minimal 256kB memori nonvolatile dan 128kB memori volatile. MIDP 2.0 juga kompatibel atau bisa menjalankan aplikasi MIDP 1.0. CLDC 1.1 adalah versi revisi dari spesifikasi CLDC 1.0, dan mencakup fitur-fitur baru seperti Floating Point dan dukungan referensi yang lemah. CLDC 1.1 kompatibel dengan CLDC 1.0, dan terus menargetkan ke perangkat kecil dan sumber daya terbatas.
      Pada langkah nomor 7, yaitu pada saat pembuatan Nama Class, harus benar-benar diperhatikan, dikarenakan jika pada bagian Source Code ada kesalahan atau Nama Class nya tidak sesuai dengna Nama Class yang dibuat sebelumnya pada langkah nomor 7 maka sintax akan Error atau sytem tidka mengenali Class Name nya.

E.    KESIMPULAN
Dari praktikum diatas dapat diambil kesimpulan bahwa :
1.      MIDlet adalah tipe program sederhana yang muda dikerjakan.
2.      J2ME yang digunakan adalah Java 2 Micro Edition yang berfungsi untuk membuat program dalam bentuk Aplikasi  Mobile yang mudah dipahamani.
3.      Pada saat Membuat nama class atau Class Name maka tidak boleh ada kesalahan pada penulisan sintax karna jika ada kesalahan program akan Error.
4.      Pada program MIDlet sederhana ini ada beberapa method atau Metode yang digunakan, yaitu : startApp(), pauseApp(), destroyApp(boolean unconditional).

Anonymous

Terimakasih telah berkunjung ke web saya, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar atau kirim email ke saifulfuaadi@gmail.com

0 komentar: