CARA MEMFUNGSIKAN BLUETOOTH SEBAGAI HOTSPOT WIFI.

SJRSITE.com | Sebelumnya terimakasih telah berkunjung ke Blog saya ini, Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit tips untuk teman - teman  semua pengguna ponsel Android, sesuai dengan judul kita hari ini yaitu menggunakan bluetoot sebagai wifi hotspot, emang bisa ? apa salahnya mencoba ! sedikit saya jelaskan mengenai artikel kali ini, jika kita melihat fungsi umum dari bluetoot yaitu untuk mengirimkan file baik itu music, foto, dokument atau file lainnya, namun pada kesempatan ini saya akan membagi tips fungsi bluetooth sebagai wifi hotspot. Lalu apa bedanya dengan membuka wifi hostspot menggunakan fitur bawaan android ? jika kita menggunakan wifi hotspot bawaan android maka routernya adalah ponsel kita pastinya dan jaringan wifinya akan dipancarkan seperti wifi pada umumnya dan pastinya juga dengan mobile data hidup dan juga memancarkan jaringan hotspot akan sangat menguras banyak baterai belum lagi ada teman yang minta password wifi hotspot kita dan akan berdampak pada paket data yang kita miliki akan semakin cepat habis tentunya. Jadi kalau pakai bluetoot gahabis kuota ? ya paling tidak lebih hemat dan bateraipun tidak cepat habis dikarenakan jika kita menggunakan bluetooth maka yang bisa terkoneksi hanya 1 perangkat saja, perangkat disini adalah Leptop/PC yang support bluetoot. dan bedanya dengan hotspot biasa adalah jika kita menggunakan bluetooth maka tidak perlu lagi memasukkan password wifi seperti biasanya, kita hanya perlu menghubungkan bluetooth ponsel dengan bluetoot Leptop/PC. 

Pada artikel ini saya menggunakan Xiomi Redmi 4a android version 6.0.1 atau Marsmallow, untuk pengaturannya nanti disesuaikan saja dengan ponsel yang kamu gunakan.

Mari kita coba.

PERSIAPAN PONSEL :
1. Pastikan dulu Leptop/PC kamu sudah terinstal bluetoot, jika belum silahkan download draivernya pada link dibawah ini.


2. Aktifkan bluetooth pada ponsel dan pada Leptop/PC kamu.


3. Hubungkan bluetooth ponsel kamu dengan Leptop/PC.



4. Pastikan muncul pemberitahuan Connected/terhubung.


5. Pada pengaturan ponsel, pilih Pengaturan lainnya/more kemudian klik Penambatan Bluetooth ( Bluetooth Tethering ).

 


6. Aktifkan Bluetooth Thethering dengan tanda biru disamping.



7. Aktifkan Mobile Data ponsel kamu dan pastikan juga paket data masih ada.



8. Buka Control Panel pada Leptop/PC kamu, pilih Network and Internet, klik Network and Sharing Ceter, pada bagian sebelah kiri klik Change Udapter Settings.
9. Pada bagian Bluetooth Network Connection klik kanan mouse dan pilih View Bluetooth Network Devices.



10. Akan tampil perangkat bluetooth yang sudah terkoneksi sebelumnya, klik kanan mouse dan pilih Connect Using > Acces Point.



11. Tnggu proses connecting hingga selesai dan muncul Connection Successfull dan lihat pada bagian bawah pojok kanan  jaringan wifi berwarna putih menandakan koneksi sudah terubung.



12. Buka Google Chrome atau browser lainnya dan coba googling.



Nah, itulah beberapa langkah mengguankan bluetooth sebagai wifi hotspot, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Saiful Fuadi

Terimakasih telah berkunjung ke web saya, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar atau kirim email ke saifulfuaadi@gmail.com

0 komentar: